Rabu, 26 November 2014

Apa itu Capping Day ?

Cap dalam bahasa inggris adalah topi, day adalah hari. Jadi capping day adalah hari pemasangan topi. Yah dalam keperawatan merupakan hal yang wajar menggunakan topi. “kap” begitulah yang biasa mereka sebut. Disekolah SMK saya, hari capping day adalah hari yang wajib diikuti oleh seluruh pelajar agar bisa melanjutkan praktikum di puskesmas dan rumah sakit.
Capping day merupakan hari yang sakral bagi kaum pelajar yang bersekolah di SMK ku saat itu. Sebelum hari H, peserta capping day wajib mengikuti pelatihan selama seminggu, dari jam 06.00 hingga 16.00. waktu yang fantastic bukan? Peserta dilatih cara berjalan, cara duduk, tata krama, mental dan fisik juga dilatih loh. Selain itu kakak kelas selaku panitia juga menghibur kami saat istirahat. Mereka juga sering ngibulin peserta. Mulai dari berjalan bebek, gombal kakak kelas, dan juga mereka melatih kami dalam kepemimpinan. Pokoknya seru deh. Kami tidak hanya dibekali kepemimpinan, berbagai trik dalam tindakan keperawatan juga diajarkan.
Dihari H, peserta akan dipasangi “kap” dan juga papan nama. Ini mengisyaratkan bahwa peserta boleh menyentuh pasien. Dan juga peserta disumpah agar tidak membocorkan semua kejelekan pasien.  Harapan saya capping day yang diadakan tiap tahun ini dapat memberi banyak manfaat bagi yang menjalaninya.


prosesi pengembangan mental peserta
capping day
setelah acara capping day, panitia menyempatkan diri
untuk berfoto bersama pelatih teater

Tidak ada komentar:

Posting Komentar